#UPERP11 T01B - SETRIKA ARANG

Ahlan Wasahlan..

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Pada postingan kali ini saya mau menganalisa tentang barang yang sudah punah lhooo guyysss

Kalian pernah liat setrika yang pemanasnya menggunakan arang trus di panasin pake api gak guys?. Kok sekarang udah gak ada ya guys? Mengapa? Sampai-sampai sekarang setrika arang sudah diburu oleh para kolektor antic lhoo guyssss….




Lets see the history of it, Setrika diambil dari bahasa Belanda yaitu “strijkkijzer” (Ribetttt yak namain setrika doangan-_-) yang berarti cara menghilangkan kerutan di pakaian dengan cara di panaskan. Setrika di percaya mulai digunakan sejak tahun 400 SM oleh bangsa Yunani. Dahulu setrika digunakan untuk membuat lipatan-llipatan vertical pada pakaian yang akan digunakan untuk melakukan upacara atau ritual tertentu. Saat itu setrika yang digunakan pada masa Romawi dinamakan dengan Prelum. Prelum ini termasuk jenis setrika yang menggunakan teknik pressing sehingga banyak orang menyebut mirip dengan alat pembuat anggur pada masa tersebut.


Setrika yang berupa pot logam yang diisi oleh bara api juga sudah mulai dikenal dan digunakan oleh bangsa cina sekitar abad ke-1 SM. Sedangkan pada abad ke-17 orang-orang mulai menggunakan setrika yang berbentuk potongan logam tebal dengan permukaan rata yang diberi pegangan, saat itu setrika jenis ini dikenal dengan sebutan Sadiron. Pada periode ini, sertikaka kemudain disempurnakan menjadi kotak logam berganggang yang dapat diberi bara api. Sedangakan setrika yang kita gunakan saat ini, setrika listrik yang ditemukan pada tahun 1800-an oleh Hendry W. Seely, tepatnya pada tahun 1882. Sebelulm setrika listrik hadir di Indonesia zaman dahulu menggunakan setrika arang yang sumber panasnya di ambil dari bara api hasil pembakaran arang.

Nahhhhhhhhhh gtu cerita sejarahnya, Jadi setrika arang ini cara menggunakanya gini, kita masukan arang ke dalam setrika tersebut, dengan mengangkan ganggang ayam yang ada di setrika tersebut. Setelah itu kita bakar arangnya dengan kipas yang tebuat dari anyam bambu sampai menjadi bara dan apinya membara sehingga logamnya akan panass. Setelah udah panas gosokan ke baju dan langsung dehhhhh cussssss halus dan rapi.

Sekarang kenapa sih setrika arang sekarang sudah tidak digunakan lagi. Dulu setrika arang dipakai sebelum adanya listrik jadi orang-orang menggunnakan setrika arang ini untuk merapikan pakaiannya. Tetapi pada saat ini listrik sudah sangat mudah di dapatkan orang lebih mencari yang lebih praktis dan efisien. Di sisi lain setrika arang lebih berat dibandingkan dengan setrika listrik (jadi menggunakan setrika listrik seperti angkat barbell kalli yaaa pada waktu itu, itung2 ngegym )

Walaupun waktu itu saya tidak pernah menggunakan setrika seperti itu namun ibu saya menceritakan cara penggunaan setrika tersebut, Walaupun masih terlihat tradisional ternyata hasilnya lebih bagus dari yang modern karena lebih licin dan halus. Tapi kalo di tarik kesimpulanya, walaupun setrika arang sudah tidak digunakan lagi, karena caranya yang ribet dibandingkan setrika listrik yang tinggal colok ke stop kontak tapi dari segi estetika, setrika arang mempunyai penampilan yang cantik dan unik yang wajib dimiliki oleh para pecinta barang unik

Pembahasan barang yang sudah punah cukup sampai disinin aja ya guysssss. Makasih yang udah meluangkan waktunya untuk membaca blog saya. Salam buat pecinta barang antikkk.. something old never die!! ( tidak berlaku kemanusia hahahah)


Terimakasih…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#UPERP11 T01J - INSTALL BIZAGI

UPERP11 TUAS02 - SKENARIO HOTEL MANAGEMENT

UPERP11 KUMPULAN LINK TUGAS