UPERP11 TUAS04B - INSTALL ADDONS BOARD FOR HOTEL FRONTDESK PADA HOTEL MANAGEMENT

HAY GAESSSSSSSSSS

Bertemu lagi lagi lagi dan lagi  dengan sayaa sii tobul kali ini tepatnya malam ini malam minggu jadi karna saya jomblo saya harus menyibukan diri di rumah hahahahahha.....

Kali ini saya akan membahas tentang penambahan modul Board for hotel fontdesk pada Hotel Management yang sebelumnya sudah saya install...

Sebelumnya saya akan menjelaskan apa yang di maksud dengan Board for hotel frontdesk serta kegunaanya

Apa itu front desk agent ? Apa itu receptionist ? ....

Front Desk Agent atau lebih dikenal dengan receptionist atau di beberapa hotel menyebutnya dengan Guest Service Agent (GSA) adalah front desk agent adalah petugas hotel yang bekerja dibawah departemen Front Office (FO). Selain itu seorang Front Desk Agent harus bisa berkomunikasi dengan baik dan ramah serta memiliki pengetahuan yang luas karena sebagai duta hotel yang berkomunikasi dan bertatap muka langsung dengan tamu... dengan bahasa yang sopan , gerak-gerik tubuh yang tidak kaku alias luwes , dan bahasa tubuh yang fleksibel.

Front Desk Agent... juga sebagai pusat informasi segala aktifitas baik internal (staff hotel) maupun eksternal (tamu hotel) , oleh sebab itu menjadi seorang front desk agent akan langsung berhubungan dengan semua departemen didalam hotel dan tamu baik itu langsung maupun secara tidak langsung .

Sedang dalam hal pekerjaan , job description front desk agent receptionist sangatlah banyak dan harus diselesaikan tepat waktu sehingga efisiensi waktu dan kerja cepat dan teliti bagi seorang receptionist sangatlah penting dan kerjanya fleksibel...mana yang sekiranya bisa dikerjakan langsung diselesaikan

Adapun tugas utama dan tanggung jawab jobdesc front desk agent yaitu adalah sebagai berikut :

1. Menyiapkan daftar tamu dan menyiapkan kamar pada setiap kamar sesuai dengan permintaan yang dipesan ..

   Jadi sebelum tamu check in , front desk agent harus sudah mem-block kamar sesuai dengan reservasi yang diminta...misal tamunya sudah request kamarnya type superior kita pilihkan type superior...misal tamunya minta smoking room kita pilihkan kamar yang smoking room... jangan sampai salah yaa karena tamu bisa komplain keras..

2. Membantu regristasi tamu dan memberikan kamar sesuai pesanan dan permintaan khusus

Regristasi meliputi fotocopy/scan ID Card , memastikan pesanan kamar seperti type kamar , lama tinggal , jenis pembayaran , tanda tangan regristation form , menjelaskan fasilitas hotel apa yang didapat oleh tamu serta menjelaskan waktu check out .

3. Mengetahui dan memahami semua prosedur dan metode pembayaran baik itu secara tunai , secara debet / kredit ataupun penagihan

Metode pembayaran seperti cash/tunai , debet card , credit card , bank transfer , penagihan ke perusahaan (guarantee letter) , penagihan ke travel agent (city ledger) dan sign on file (SOF) .

4. Memahami dengan benar status kamar dan layout atau denah kamar hotel , type kamar dan harga kamar (rate) hotel

Hukumnya adalah wajib dan tanpa terkecuali...

5. Mampu menjadi sales pasif dalam menjual kamar dan wajib mengetahui dan memberikan informasi semua fasilitas hotel kepada tamu

Setiap hotel mempunyai ketentuan yang berbeda mengenai rate kamar...ada yang menggunakan dynamic rate yakni harga kamar mengikuti okupansi saat itu , dan fixed rate yakni harga kamar tidak berubah dan tidak mengikuti okupansi saat itu..

6. Mengetahui cara membuat reservasi kamar untuk hari ini , besok dan seterusnyaFront desk agent harus paham soal reservasi..

7. Untuk hotel yang sudah menggunakan system perhotelan , receptionist harus menguasai cara operasional system tersebut

Setiap hotel mempunyai system berbeda-beda..

8. Memahami tata cara pemakaian House Bank

Selalu pahami tentang house bank , cek setiap pergantian shift , dan yang terutama selalu catat arus keluar masuk kas 

9. Menggunakan etika telepon dengan baik dan benar

Selain etika reservasi , front desk agent juga terkadang merangkap sebagai operator telepon , terutama shift 3 (night shift) 

10. Menghadiri training dan pertemuan internal hotel

Training dari luar sepert training merchant EDC , training dari internal seperti cross taining , GM Table dll wajib ikut karena front desk harus selalu uptodate 

11. Melaporkan setiap kejadian yang tidak biasa atau permintaan sangat khusus kepada manager yang sedang bertugas (Manager On Duty) atau kepada FO Supervisor 

Selalu koordinasi dengan atasan menyangkut hal-hal yang tidak biasa...

12. Mengetahui dengan sangat prosedural tentang keselamatan dan kondisi darurat       13. Menjaga kebersihan dan kerapian front desk

Meja gak boleh kotor harus selalu rapi... gak boleh kayak meja akunting , biasanya berserakan 

14. Selalu siap untuk bekerja lembur diluar shift 

Extend atau lembur sudah menjadi biasa bagi seorang fromt desk agent

15. Mematuhi semua peraturan hotel

Secara garis besar , jobdesc reception kurang lebihnya adalah seperti di atas... namun akan ada beberapa perbedaan antara hotel bintang dan non nonbintang... hal ini disebabkan dari jumlah staff yang bekerja... jadi seandainya kamu nanti akan bekerja di hotel budget maka pekerjaan kalian akan merangkap-rangkap... hehehe
 hingga artis dunia.

Tapi yang saya jelaskan adalah untuk personalnya, karena pada pembahasan saya mengacu kepada system nya yang mendukung dalam proses pekerjaan receptionist

Adapun cara menggunakanya yaitu :

1. The first kamu harus buka Download app pada servernya., kemudian cari Board for hotel frontdesk kemudian Klik Download




2. Kemudian di Extract 





3. Copy file ke C:\Program Files\Odoo 10.0-20170508\server\openerp\addons







4. Kita buka database Odoo dan klik Setting. Kemudian kita klik Active the Developer Mode



5. Masuk ke menu Apps dan Klik Update Apps List 



6. Kemudian  klik Upgrade



7. Kemudian cari Board for hotel frontdesk, klik install




8. Kemudian Modul Board for hotel frontdesk sudah ada di Hotel Management




9. Kemudian Klik pada tanggal yang ingin di order untuk membuat data terbarunya pada Table seperti contoh Junaedi yang akan memesan ruangan hari ini jam 10 malam



10. Berikut adalah room detail yang terlihat pada receptionist




11. Berikut adalah orderan pada restaurant pada hari ini.





Berikut adalah modul Board for hotel frontdesk yang telah diinstal adapun perbedaaan dari sebelumnya yaitu adanya penambahan modul ini dapat melengkapi fasilitas dari hotel management itu sendiri, dan juga dapat membantu penjadwalan bagi reseptionist yang bekerja. adapun dapat mempermudah penjadwalan karena tidak perlu membuat terlebih dahulu dari yang sebelumnya.

Cukup ya gaes malam minggu bersama sayanya semoga bermanfaat untuk semuanya....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#UPERP11 T01J - INSTALL BIZAGI

UPERP11 TUAS02 - SKENARIO HOTEL MANAGEMENT

#UPERP11 T02D - CARA MEMBUAT GITBOOK